afchannel afchannel Author
Title: Siswa SD surati Jokowi : Pak Jokowi Kenapa Ayah Hanya Melaut Ditahan
Author: afchannel
Rating 5 of 5 Des:
Syahzada Arsa (12) dan Ajeng Silmi Sekar Kedaton (11) tak langsung pulang ke rumah usai mengikuti ujian hari kedua di SD Negeri Sawojajar....

Syahzada Arsa (12) dan Ajeng Silmi Sekar Kedaton (11) tak langsung pulang ke rumah usai mengikuti ujian hari kedua di SD Negeri Sawojajar.

Kedua anak asal Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, itu datang ke kantor pos untuk mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo, Selasa (17/5/2016) siang.

Arsa dan Ajeng membonceng motor saudaranya menuju ke kantor pos. Mereka terlihat sedih saat menyerahkan surat ke pegawai kantor pos untuk dikirimkan ke Jakarta.

Surat tulisan tangan tersebut berisi permohonan agar Presiden Jokowi membebaskan kedua ayah mereka yang dipenjara di Palembang, Sumatera Selatan.

“Bapak Presiden Jokowi, Abah saya namanya Makmur, kerja sebagai nelayan. Abah saya sekarang dipenjara di Palembang karena ditangkap Polisi Air saat menangkap ikan di laut. Kenapa Abah saya ditangkap dan dipenjara? Padahal Abah hanya mencari ikan di laut agar bisa dapat uang buat makan kami, buat bayar sekolah saya dan adik masuk TK,” 

Arsa membacakan isi suratnya.
Satpolair Polda Sumsel menangkap 13 nelayan asal Brebes di perairan Tanjung Manjangan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel pada 4 Februari lalu.

Mereka dituduh melanggar izin wilayah penangkapan dan menggunakan alat yang dilarang yakni pukat hela. Pada 13 April, Pengadilan Negeri Palembang memvonis 13 nelayan penjara satu tahun delapan bulan dan denda Rp 2 miliar subsidair hukuman dua bulan penjara.

Para nelayan telah mengajukan upaya banding namun ditolak Pengadilan Tinggi Sumsel pada awal Mei lalu. Saat ini mereka mempersiapkan upaya kasasi ke Mahkamah Agung.

Arsa kasihan melihat ibunya, Titin Sumiati (32), terus memikirkan Makmur (34) yang sudah empat bulan belum pulang ke rumah.

“Saya sering melihat ibu menangis karena memikirkan Abah yang dipenjara. Kata ibu, ayah hanya mencari ikan di laut bukan mencuri, terus kenapa ditahan,” kata Arsa.

Sebagai anak, Arsa meminta Presiden Jokowi segera membebaskan ayahnya dari penjara agar bisa segera kembali lagi berkumpul keluarga.

“Saya ingin kumpul lagi sama Abah biar bisa Lebaran nanti bersama-sama di rumah. Sekarang saya lagi ujian sekolah, tapi saya tidak bisa konsentrasi karena memikirkan ayah yang dipenjara di sana,” kata dia sambil menyeka air mata di pipinya.

Surat untuk Presiden Jokowi sudah Arsa persiapkan sejak empat hari lalu. Ia berharap Presiden Jokowi bisa memberikan jawaban.
info media

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top