andi andi Author
Title: Banyuwangi Alokasikan Beasiswa untuk Mahasiswa Penyandang Cacat
Author: andi
Rating 5 of 5 Des:
Banyuwangi Alokasikan Beasiswa untuk Mahasiswa Penyandang Cacat BANYUWANGI - Usai Ujian Nasional (Unas), Pemkab Banyuwangi mengaloka...
Banyuwangi Alokasikan Beasiswa untuk Mahasiswa Penyandang Cacat




BANYUWANGI - Usai Ujian Nasional (Unas), Pemkab Banyuwangi mengalokasikan anggaran untuk beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu, mahasiswa yatim piatu, dan para penyandang disabilitas. Banyuwangi mengalokasikan program beasiswa Banyuwangi Cerdas 2016 sebesar Rp 3,75 miliar.

Pada 2016, telah disediakan beasiswa untuk 90 anak Banyuwangi tidak mampu, yatim piatu dan penyandang disabilitas. Rekruitmen seleksi penerima beasiswa ini akan dimulai pada April 2016, setelah anak-anak mendapatkan nilai dari Unas 2016.

"Beasiswa ini juga ada yang khusus diperuntukkan bagi para penyandang disabilitas yang berprestasi. Kami mendorong mereka untuk kuliah," ujar Sulihtiyono, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Rabu (13/4/2016).

Menurut Sulih, sapaan akrab Sulihtiyono, calon mahasiswa tersebut mendaftar melalui proses pengajuan di sekolah masing-masing.

Setelah mereka terdaftar, nantinya akan diverifikasi ulang terkait kelayakan persyaratannya bersama tim dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi mitra Pemkab Banyuwangi.

Terdapat empat PTN yang saat ini bekerjasama dengan Pemkab Banyuwangi terkait program beasiswa ini. Empat PTN tersebut adalah Universitas Negeri Jember (Unej), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Universitas Airlangga (Unair), dan Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi).

Tahun ini, Pemkab mengalokasikan anggaran untuk Banyuwangi Cerdas mencapai Rp 3,75 miliar. Jumlah ini meningkat dari 2015, yang sebesar Rp 3,2 miliar.



Dengan demikian, sejak program ini dimulai pada 2011 lalu, telah mencapai Rp 14,4 miliar.

Sejak tahun 2011 telah disalurkan dana Rp 10,708 miliar kepada lebih dari 700 mahasiswa asli Banyuwangi yang berkuliah di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Jika ditambah dengan alokasi dana tahun 2016, maka total beasiswa yang telah disalurkan pemkab mencapai Rp 14,4 miliar

Selain diperuntukkan bagi calon mahasiswa, mahasiswa yang sudah berkuliah juga bisa mendapatkan beasiswa Banyuwangi Cerdas ini melalui proses seleksi.

"Hingga kini telah ada 205 mahasiswa dibiayai pendidikannya melalui skema ini. Mahasiswa yang dibiayai program ini berasal dari berbagai perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar Banyuwangi," jelas Sulihtiyono.

Selain melalui dana APBD, Pemkab Banyuwangi juga mengajak dunia usaha untuk juga menyalurkan tanggung jawab sosial perusahaannya, dengan mendukung penyaluran beasiswa bagi dunia pendidikan Banyuwangi.

"Seperti Yayasan Sampoerna juga memberi beasiswa ke sejumlah pelajar Banyuwangi. Beasiswa dari swasta langsung ke pelajar, Pemerintah tidak ikut campur, hanya memfasiltasi saja," kata Sulih kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).


Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni
Sumber: Surya.co.id

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top