afchannel afchannel Author
Title: Lidi Dupa Menjadi Penopang Ekonomi Warga Pinggiran Ponorogo
Author: afchannel
Rating 5 of 5 Des:
PONOROGO - Kota Ponorogo bukan saja terkenal akan seni dan budayanya, namun di Kota Reog ini menjamur Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menja...

PONOROGO - Kota Ponorogo bukan saja terkenal akan seni dan budayanya, namun di Kota Reog ini menjamur Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjadi penompang ekonomi warganya.

Di Ponorogo , kerajinan lidi dupa banyak dijumpai di sejumlah desa di dekat perbatasan wilayah Kabupaten Trenggalek , tepatnya di Kecamatan Sawo . Salah satunya, usaha milik Mulyoto, warga Desa Tempuran ini. Setiap hari usaha yang dirintis sejak tiga tahun lalu itu dapat menghasilkan hingga  lima kwintal lidi dupa.
 
Namun produksi sebanyak itu tentu saja tidak dikerjakan sendirian, melainkan harus melibatkan banyak tenaga kerja. Dari situ terciptalah sebuah lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Warga sekitar yang mayoritas mengandalkan penghasilan dari bertani, kini memiliki usaha sampingan berkat lidi dupa ini .
 
Mulyoto mengatakan, dalam membuat lidi dupa ini warga bisa membawa pulang bahan berupa batang bambu dan dikerjakan di rumah masing-masing. Setelah batang bambu tersebut sudah menjadi lidi dupa, Mulyoto kemudian membelinya kembali dengan harga Rp 2.700 per kilogram.

Selain bisa membuat proses produksinya lebih cepat, dengan melibatkan sebanyak 30 kepala keluarga ini, Mulyoto senang dapat membantu perekonomian mereka .

Sujarno , salah satu warga, mengaku senang dengan pekerjaan membuat lidi dupa ini. Apalagi di saat menjelang hari besar Imlek, produksinya semakin meningkat dari hari biasanya yang hanya 20 kilogram, kini naik menjadi 40 kilogram per hari.

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top